Apa itu SEO, SEM, SMM, SMO?

Pengertian SEO itn malangSEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu
cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada
halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google,
Bing, dan Yahoo.
Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang
sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada
halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Apa itu SEM?
SEM atau “Search Engine Marketing” adalah salah satu cara
mempromosikan website dengan meningkatkan posisinya pada hasil
pencarian mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar (paid
ads).

Apa perbedaan SEM dengan SEO?
Perbedaan paling mendasar antara SEM dengan SEO adalah waktu.

Dengan SEO biasanya website anda baru mendapatkan peringkat (halaman
1) setelah 3 bulan atau lebih, bahkan bisa jadi website anda tidak
akan pernah kebagian halaman pertama karena kompetisinya sudah ketat
sekali (tergantung keyword yang anda incar), sedangkan dengan SEM
website anda bisa langsung tampil di halaman 1 secara instan (selama
anda bersedia membayar).

Dengan SEM anda harus terus-terusan mengeluarkan uang untuk
mendapatkan visibilitas pada mesin pencari, tentu ini bukan investasi
jangka panjang yang baik, sebaliknya dengan SEO walaupun lebih repot
karena harus optimasi sana-sini, namun kedepannya anda bisa
mendapatkan hasil pencarian organik terus-terusan secara gratis
sehingga akan sangat menghemat budget marketing anda.

Apa itu SMM?
Mirip dengan SEM, SMM singkatan Social Media Marketing. Dan seperti
yang Anda bisa tebak,  itu melibatkan iklan berbayar melalui jaringan
media sosial. Jika Anda sudah familiar dengan iklan Facebook, maka itu
merupakan SMM. Ini adalah proses menggunakan iklan berbayar untuk
memperluas jangkauan pelanggan Anda dan meningkatkan eksposur merek
Anda.

Apa itu SMO?
Pengertian SMO sendiri adalah kepanjangan dari Social Media
Optimization atau Optimalisasi Media Sosial melalui strategi khusus.
SMO adalah rangkaian cara untuk menarik visitor ke konten website Anda
melalui media sosial.
Secara umum, tautan konten website yang dibagikan melalui media sosial
memang memiliki kemungkinan besar untuk mendatangkan visitor. Karena
itu, SMO sangat penting dan tidak bisa diremehkan dalam mendatangkan
visitor ke website Anda. Jika banyak visitor yang berkunjung ke
website Anda, akan semakin besar kemungkinan terjadi sales untuk
produk Anda.
Selain itu, dengan membagikan tautan konten website Anda, kemungkinan
orang mengenal website atau produk Anda makin besar, apalagi jika Anda
memiliki fanspage dengan liker di atas sepuluh ribu. Namun yang
terpenting adalah kualitas konten yang Anda bagikan juga tampilan
website Anda. Jika bagus, parameternya adalah bounce rate yang kecil
(dibawah 50%). Visitor akan kembali lagi dan betah berlama-lama di
website Anda dan tentunya peluang terjadi sales akan semakin besar.
Media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, G+ ,dan lain-lain
merupakan tempat yang tepat untuk melakukan campaign SMO. Apalagi jika
Anda memiliki fanspage dan follower yang ribuan atau puluhan ribu
jumlahnya, maka akan semakin besar visitor yang datang ke website
Anda seperti jasa backlink murah.

Postingan populer dari blog ini

pengertian dan manfaat backlink untuk blog/website

Pengertian dan manfaat backlink untuk blog/website

Cara Mengatasi fungsi Keyboard yang Bermasalah